KOMPAS.com - Malino Highlands merupakan destinasi wisata yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi Malino Highlands di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan Malino Highlands ini juga disebut-sebut sebagai surganya wisata dataran tinggi. Malino highlands berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan luas wilayah mencapai 200 hektar. Dulu, wilayah ini seluas 900 hektar. Di kawasan obyek wisata ini, wisatawan akan menikmati panorama hamparan perkebunan teh yang luas dengan udara sejuk. Banyak kalangan yang merekomendasikan Malino Highlands sesuai untuk relaksasi. Pengunjung dapat menyeruput teh yang ditawarkan kafe sekitar. Kabarnya, racikan teh di Malino merupakan salah satu teh terbaik di dunia. Baca juga: 3 Tempat Wisata di Maros Sulawesi Selatan Buka Saat Libur Lebaran 2022 Udara Malino Highlands yang dingin yang, 10 - 26 derajat celcius, akan terasa lebih hangat dengan menyeruput teh dari daerah ini. Perkebunan teh yang masih alami juga dapat menjadi spot foto yang indah di tambah awan yang biru.

 

Wahana di Malino Highlands

Selain menikmati hamparan teh, ada beberapa wahana dengan fokus utama menggunakan tanah lapang sebagai tempat permainan. Area ini akan memberikan sensasi tersendiri mengingat makin minimnya tanah lapang sebagai tempat bermain.

  1. Memanah Area memanah terletak di tanah lapang terbuka dengan udara segar. Olah raga ini juga dapat menjaga kesehatan jantung, melatih keseimbangan tubuh, dan menguatkan otot. Harga tiket memanah sebesar Rp 30.000 per sesi.
  2. Green House Kebun bunga yang dirawan untuk menambah keindahan kawasan
  3. Mini Zoo Wisatawan dapat bermain dengan hewan-hewan peliharaan yang dibiarkan berkeliaran di tanah lapang yang luas. Mereka juga dapat berfoto seolah-olah tengah mengembalakan hewan-hewan tersebut, beberapa hewan koleksi adalah kambing dan elang. Baca juga: Pantai Labombo, Wisata Air di Kota Palopo, Sulawesi Selatan
  4. Area Berkuda Wisatawan dapat menjajal menunggang kuda di sekitar tanah lapang yang luas dengan udara sejuk. Harga tiket untuk menunggang kuda ini sebesar Rp 30.000 per lima-delapan menit.

 

Resort di Malino Highlands

Bagi wisatawan yang ingin menginap atau staycation di kawasan ini, ada resot yang disewakan dengan harga mulai Rp 1.500.000-Rp 3.000.000 per malam. Penginapan berdesain Jepang lengkap dengan dinding kayu ini tersedia untuk 2 hingga 4 orang per ruangan. Tamu yang menginap bebas tiket masuk kawasan wisata dan mendapat sarapan.

 

Harga Tiket Malino Highlands Harga tiket 

Harga tiket masuk dibedakan antara harga untuk wisatawan dewasa dan anak-anak. Harga tiket masuk pada Senin-Jumat untuk dewasa sebesar Rp 50.000 dan anak-anak sebesar Rp 25.000. Harga tiket masuk pada Sabtu, Minggu, dan libur nasional untuk dewasa sebesar Rp 65.000 dan anak-anak sebear Rp 35.000 Harga tiket masuk kendaraan berbeda-beda tergantung pada jenis kendaraannya.

Tarif masuk kendaraan

  • Tarif masuk motor sebesar Rp 10.000
  • Tarif masuk mobil sebesar Rp 30.000
  • Tarif masuk mobil sebesar Rp 50.000

 

Jam Buka Malino Highlands Jam buka Malino Highlands pada pukul 08.00 hingga 20.00

Lokasi: Jl Poros Malino, Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Rute ke Malino Highlands Jarak tempuh Malino Highlands dari Kota Makassar sekitar 80 km dengan waktu tempuh kendaraan kurang lebih 2-3 jam.

Adapun rute perjalanan ke Malino Hihlands sebagai berikut:

  • Jl Sungai Saddang Baru, Jl Rappocini Raya, JL AP Pettarani,  Jl Aroeppala,
  • Jl Tun Abdul Razak, JL Sultan Alauddin, Jl Poros Pattallassang-Pallantikang,JL Puncak Tarang,
  • Jl Dusun Bilayya, Jl Malino, Jl Karaeng Podo, Jl Sultan Hasanuddin, JL Poros Malino, Malino Highlands

 

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2022/05/17/174222478/malino-highlands-di-sulawesi-selatan-harga-tiket-jam-buka-rute-dan-resort?page=all